MAKALAH TENTANG PERANGKAT LUNAK YANG AKAN DATANG
MAKALAH TENTANG PERANGKAT LUNAK YANG AKAN DATANG
Oleh Dewi ulviani
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Salah satu elemen dari komputer adalah perangkat lunak atau software.
Software berfungsi untuk saling bekerja sama dengan hardware atau dengan kata
lain software merupakan penggerak dari
hardware. Selain itu software juga berfungsi sebagai perantara antara
pengguna(user) dengan perangkat keras(hardware) untuk melakukan aktifitas dengan perintah yang harus dilakukan dalam
software komputer.
1.2
Rumusan Masalah
Bagaimanakah perkembangan perangkat lunak dari yang pertama kali
diciptakan sampai dengan perangkat lunak sekarang ini ?
1.3
Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini selain sebagai tugas, juga untuk memberikan wawasan & pengetahuan kepada
mahasiswa tentang perkembangan atau sejarah dari perangkat lunak (software).
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Perkembangan pembuatan perangkat
lunak
Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkatlunak. Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word(32 bit). Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.
2.2 Era
Perangkat Lunak sebelum adanya komputer
1. Era Primitif (
300 SM)
Perangkat lunak dibuat dengan melakukan
petunjuk-petunjuk sederhana dengan menggunakan kode-kode gerak sejenis
semaphore.
2. Era Mekanis (1840 – 1930)
Diterapkan pada peralatan Analytical Engine dan pemakaian mesin kartu plong (punch card)
2.3 Era Perangkat Lunak sesudah adanya
komputer
1. Era Pioner (1940-1960)
Bentuk perangkat lunak pada awalnya
adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara lain
dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di
lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah
program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa
print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang
secara berurutan di proses.
2. Era Stabil (1960-1980)
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di
gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh
kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan
sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat
lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat
lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti
banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat
lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung
(real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan
antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3. Era Mikro (1980-1990)
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan
komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan
perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem
yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan
secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang
ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4. Era Modern (1990-sekarang)
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana,
tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer
genggam pun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan
dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga
ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk
mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan
itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan
sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah
menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan
berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di
tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan
teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
2.3 Klasifikasi perangkat lunak
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu
perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem
dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu;
1. Bahasa pemrograman
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
2. Sistem Operasi
Saat
komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di
jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan,
mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran
ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95,
IMB OS/2, Apple’s System 7.
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang
di gunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan
produk awal IBM dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan
oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM
PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi menjadi 2
aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan yang bersifat freeware
yang di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open
source, yaitu bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga hasilnya dapat di
tambah atau dimodifikasi olehsetiaporang. Sementara interaksi antara pengguna dan komputer di kenal melalui 2 cara,
cara yang pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah, atau
dengan cara tunjuk (pointer).
3. Utility
Merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu,
misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa
disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,
defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.
4. Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat
lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an
aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses
tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada
perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi
aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti
akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft
Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access
(database), dan PowerPoint (presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini
adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah
Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer
yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum
di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger, misalnya mozila
firefox, yahoo masengger, dll. Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan
Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian
elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
BAB III
SIMPULAN
Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa software
atau perangkat lunak telah berkembang sangat jauh, dimulai dari perangkat lunak
yang menggunakan perintah-perintah yang rumit hingga pada akhirnya
instruksi-instruksi yang digunakan dapat lebih mudah dipahami. Dulu hanya
digunakan untuk skala besar namun sekarang dapat digunakan untuk perorangan.
Kemudian penerapannya juga semakin luas, contohnya, aplikasi Internet, word
processing, database, dan lain-lain.
DAFTAR PUSTAKA
Suprayitno,
Aji. (2005).Pengantar Teknologi Informasi.Jakarta:Salemba
Materi
pelajaran computer SMP N 1 paseh kelas IX
Komentar
Posting Komentar